Coffee Journal “The Wave Of Coffee”

Coffee Journal “The Wave Of Coffee”
Image result for biji kopi dari masa ke masa
Sejarah kopi mencatat asal muasal tanaman kopi dari Abyssinia, suatu daerah di Afrika yang saat ini mencakup wilayah negara Ethiopia dan Eritrea. Kopi menjadi komoditas komersial setelah dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman. Di jazirah Arab kopi popular sebagai minuman penyegar.
Pada tahun > 5 Masehi, kopi sudah dikenal sampai ke pelosok Ethiopia. Pada tahhun 700-1000 M kopi sampai ke Arab sebagai minuman untuk begadang. Penyebaran kopi dimulai saat bersamaan dengan penyebaran Islam, Sumber kopi pertama yakni di Mocha derah Yaman. Beberapa kota di arab yang juga mengembangkan kopi sebagai minuman penambah energi dengan membuka kedai kopi, saat itu pengembangan kopi terpusat di Mekkah dan Madinah. Dan tidak lupa Juga Kiva Han sebuah kota di Turki, kota pertama yang memperkenalkan kopi pada tahun 1453 M.
The story of coffee is rich with legend, intrigue, smuggling and romance. And it all began farther back than most of us would guess. Today has grown to be one of the worlds most traded agricultural commodities and favorite beverages. But how did it begin? Wonderful stories to share.
·       Circa A.D 800-900
Ketika seorang pengembala dari Ethiopia bernama kaldi yang menemukan biji kopi untuk pertama kalinya, ketika seekor kambing peliharannya terlihat sangat girang dan bersemangat setelah memakan biji buah asing berwarna merah. Lalu pengembala tersebut juga mencoba memakan biji merah tersebut, dan mendapatkan dirinya sangat bersemangat seperti kambingnya setelah memakan buah tersebut. Setelah beberapa saat para biarawan pun ikut mencoba mengkonsumsi buah merah tersebut dengan disajikan menggunakan air (first ever cup of coffee) dan para biarawan menyebut buah tersebtu sebagai “gift from lord”.
·       Circa 1000
Para pedagang arab membawa kopi ke tanah kelahiran mereka yaitu Arab Saudi, Timur Tengah dll, melalui laut merah di daerah Yemen. Yemen adalah lokasi dimana Roasting dan Plantation kopi pertama kali dilakukan, yang akhirnya menghasilkan sebuah minuman bernama “Qahwa
·       1300
Coffee travels with the spread of islam muslims is began drinking coffee prepared like a bean broth because they believed it warded off evil. Pad tahun ini perkembangan kopi mulai melebar dan massal.
Related image
·       1450-1650
Khalifah ottoman membawa kopi ke Istanbul, Turki. Coffeehouse appeared throughout the Arabian world, where men would meet to socialize, play games and drink coffee. Though women not were not allowed in coffeehouse, they used coffee for medicinal purposes. Faktanya adalah pada tahun tersebut ketika seorang lak-laki tidak sanggup menyediakan kopi yang baik dirumahnya maka akan sah jika diceraikan oleh pasanganya.
·       1615-1700
Kopi masuk ke Eropa melalui pelabuhan di venice. Orang-orang venice jatuh cinta terhadap kopi ketika merasakan nya pertama kali di tanah arab. Lalu para orang-orang venice (venetian) menjual kopi ke daerah italia dan saat itu pula persebaran kopi di daerah eropa menyebar dengan cepat. Lalu tak lama kemudian coffeshop pertama kali dibuka di Italia (1645-1655), Eropa (1652), dan Paris (1672). Faktanya adalah banyak institusi dan organisasi penting tumbuh dari coffeeshop,
·       1690
Kopi diselundupkan keluar dari tanah arab oleh orang-orang belanda melalui pelabuhan mocha. Belanda menjadi orang pertama yang membawa dan menjual kopi di daerah asia yaitu daerah pertama kali tujuan belanda adalah srilanka dan daerah asia timur (where the beverage gets in nickname – javamocha). Amsterdam menjadi “trading centre of coffee”.
·       1714
A noble gift for the French king the dutch were now able to grow coffee in large amounts and gave coffee trees to European royals as gifts. One recipient was Louis XIV, who planted and cultivated his “Noble Tree” in the royal gardens. While on leave in paris, a naval officer stole a sprout and transported it back to Martinique (Latin America). Though the seedling endured storms, drought and dismemberment, once returned to the Caribbean it thrived and is believed to be father of many coffee Arabica trees alive today in the former French colonies of central and latin amarica.
·       1727
Brazil breaks the Dutch and French monopoly france had always protected its new world coffee plantations to avoid spreading cultivation. Namun ketika brazil mengutus seorang letnan bernama Francisco de Melo Palheta untuk menyelesaikan konflik antara prancis dan belanda. Lalu istri dari gubernur prancis memberikan karangan bunga dan bibit kopi untuk di tanam di Brazil, kepada letnan Francisco de Melo Palheta atas jasanya dalam menyelesaikan konflik tersebut. Dan akhirnya Brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia.
·       1869
Tanaman kopi terkena serangan hama di srilanka, hama ini menghancurkan beberapa perkebunan kopi di srilanka, india, dan negara lain yang memiliki perkebunan kopi.
·       1882
The New York Coffee Exchange opens it was called the CSCE (Coffee, Sugar and Cocoa Exchange).
·       1900-1910
Coffee Innovation : R. W Hills membuat packaging kopi agar dapat bertahan lama (Vacum Packaging), namun ini akan berefek negatif terhadap para roaster lokal, Luigi Belleza adalah orang pertama yang membuat mesin kopi, bernama espresso (Express Coffee) pada tahun 1901.
·       1900
Germans discover decaffeination, adalah Ludwig Roselius dan Karl Wimmer meraka adalah seoran importir kopi dari jerman, dan menemukan proses dekafein pada tahun 1903. Hal tersebut terjadi karena karung kopi yang di bawa melalui jalur laut itu terjatuh ke dalam ait asin dan mereka mengambilnya kembali, lalu biji kopi tersebut di steam agar menghilangkan rasa asin pada kopi namun yang terjadi adalah kafein dalam kopi yang mulai memudah atau hilang.
·       1901
Pada tahun 1906 Satori Kato mengembangkan kopi yang dapat langsung di konsumsi di rumah, yaitu sistem seduh atau biasa disebut sebagai ready brew.
·       1908
Sistem seduh dengan gaya Pour Over pertama kali di temukan oleh salah seorang istri dari laki-laki jerman.
Image result for pour over jadul
·       1933
Dr. Ernesto Illy mengembangkan mesin espresso dengan sistem otomatis, he is known as the “father of the espresso”. Dan percaya bahwa espresso terbaik adalah yang sangat berasa di lidah saat mengkonsumsinya.
·       1938
Nestle mengkomersialisasikan kopi dengan cara membuat ready brew, agar dapat memaksimalkan laba dari minuman baru tersebut. Juga maksut dati nestle adalah agar dapat mempermudah penyebaran minuman kopi ke setiap negara, dan dapat di konsumsi orang banyak dengan mudah, akhirnya produk tersebut dikenal dengan nescafe.
·       1945
Achille Aggia spent years to develop espresso machine, yang bertujuan untuk menciptakan krema pada hasil akhir espresso.
Image result for achille aggia
·       1948
The world “cappuccino” enter worlds lexican cappucin means “little hood” for two reasons (brown color and pointy cap of foam)
·       1966
Speciality coffee comes to US, Alfred Peet anak dari seorang roaster belanda. Membawa metode roasting ke amerika utara, lahir di belanda dan dia adalah seorang roaster & eksportir kopi.
Lalu ia mencoba peruntunganya dengan membuka kedai kopi bernama peets coffee & tea di barkeley, California. Dia mengembangkan kopi dengan roastingan darkroast, lalu setelah jalan beberapa ia mulai mengajarkan cara roastingan kepada Jery Baldwin, Zev Siegl dan Gordon Bowker, 3 lelaki ini adalah pendiri pertama dari coffee shop Starbucks.


Image result for all about coffee

Image result for all about coffee




Komentar

Postingan Populer